7 Perbedaan Saffron Asli dan Palsu

7 Perbedaan Saffron Asli dan PalsuMahalnya harga saffron dan khasiatnya yang melimpah mungkin akan membuat anda ingin mendapatkanya dan mulai mencari tau lebih banyak tentang Saffron.

Trend kesehatan alami dengan mengkonsumsi Saffron sedang melanda indonesia tapi tidak menuntup kemungkinan banyak Saffron Palsu yang beredar. Banyaknnya manfaat yang dimiliki Saffron serta peminat yang semakin hari semakin bertambah membuat beberapa pihak yang tidak bertanggung jawab membuat Saffron Palsu. Alasannya karena harga Saffron yang asli mahal bingo gaess.

Tingginya harga saffron dan keinginan untuk mencoba Saffron, mungkin buat Anda galau. Alhasil Saffron murah menarik perhatian Anda. Gak ada salahnya sih beli Saffron murah, tapi logikanya harga Saffron kan emang dari sononya udah mahal, terus kalo dijual murah rugi donk penjualnya? It doesn’t make sense yak k :D. Di sini kita di tuntut untuk jauh lebih cerdas sebelum membeli Saffron yang kita inginkan.

Jangan mudah terkecoh dengan Saffron murah tapi palsu, bukannya kesehatan yang didapat tapi memperburuk kondisi tubuh. Ingat, Anda konsumsi Saffron untuk sehat, bukannya cari penyakit hehe….

Sebelum kita mencari tau perbedaan Saffron asli atau palsu, alangkah lebih baiknya kita harus cari tau terlebih dahulu apa itu saffron?

Saffron adalah jenis rempah-rempah yang berasal dari bunga crocus sativus (bunga pacar). Bunga Saffron memiliki tiga kepala putik (stigma). Kemudian, putik ini dipisahkan dengan bunganya dan dikeringkan. Putik kering inilah yang kita pakai dan konsumsi.

Saffron juga ada beberapa jenisnya berdasarkan tingkat kualitas. Untuk informasi lebih jelas langsung aja kk klik link berikut ini. Jenis Saffron Berdasarkan Tingkatan Kualitas

Saffron memiliki tiga unsur utama yang terkandung dalam putik saffron yaitu:

  1. Picrocrocin memberi rasa agak pahit.
  2. Crocin adalah senyawa yang larut dalam air dan juga merupakan salah satu bahan pewarna karotenoid yang membuat makanan menjadi kuning.
  3. Safranal adalah senyawa yang menghasilkan aroma yang dominan pada saffron dan mudah menguap.

 

Perbedaan Saffron asli dan palsu…..!!!!!

perbedaan saffron asli dan palsu
perbedaan saffron asli dan palsu

Saffron asli

  1. Rasanya khas sedikit pahit jika diletakan dilidah Anda
  2. Baunya sangat khas dan kuat. Agak susah saya jelaskan baunya. Tapi Saffron asli pasti memiliki aroma yang khas rempahnya.
  3. Bentuk putiknya hampir sama semua. Panjang, bagian pangkalnya lebih besar dibandingkan ujung, lurus (tidak keriting)
  4. Setelah di campur ke air warna akan berubah menjadi kuning ke emasan secara bertahap. Dan setelah direndam selama 30-1 jam atau lebiuh warnanya akan menjadi lebih pekat (lebih orange)
  5. Ketika dikasih air Putik Saffron akan mengambang dulu, tidak langsung turun kebawah
  6. Warna putik saffron merah, dan walaupun sudah direndam selama 1 jam dan mengeluarkan pigmen kuning, tetap saja warna putiknya merah (tidak luntur)
  7. Setelah di rendam 1 jam tekstur saffron utuh (tidak hancur). Walaupun digosok-gosok pakai tangan tetap saja tidak hancur ya kk.

Saffron palsu

  1. Hampir tidak ada aromanya
  2. Putik Saffron satu sama lainnya tidak sama, kadang ada yang keriting, pendek, dan antara pangkal dan ujung tidak ada bedanya.
  3. Warna putik tidak merah. Terkadang warnanya seperti coklat tua atau pink. Dan ketika direndam warna putiknya luntur (berubah warna)
  4. Ketika di campur ke air warna langsung kuning/orange seketika. Seperti tinta dicampur air.
  5. Setelah di rendam 1 jam tekstur saffron hancur atau patah-patah.
  6. Ketika dicampur dengan air biasanya putik Saffron langsung turun ke dasar gelas (tenggelam).
  7. Saffron palsu kalau dirasakan di mulut rasanya manis.

Nah, 7 poin diatas adalah perbedaan Saffron yang asli dan palsu. Sekali lagi, berhati-hati dalam membeli. Jangan mudah sekali tergiur dengan harga yang murah. Dan pilihlah Saffron dengan kualitas terbaik dengan grade pengobatan.

Untuk yang membuat Saffron palsu, harap bertaubatlah. Azab Allah sangat pedih. Dan yang jual Saffron palsu dan belum mengerti perbedaannya, silahkan baca artikel ini 🙂

Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda; “jika kamu melakuakan jual beli maka katakan; (silahkan) ini dan ini, tidak ada penipuan” (hadis Tirmidzi).

Semoga bermanfaat.

Buat teman-teman yang mau coba Saffron dengan tingkat kualitas yang tinggi silahkan hubungi kami. Kami jual Saffron asal dari Iran, jenis super negin grade 1. Yang mau coba MY SAFFRON silahkan hubungi saya di WA 08990804702 atau klik >>> http://wasapp.in/adb0be

perbedaan saffron asli dan palsu

myhappylucky

MYHAPPYLUCKY is your health and beauty solution

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *